Kalau Freddy Krugger mantap di film horor, maka Fred Krugger yang
satu ini “mantap” dalam hal memodifikasi motor. Ide-idenya brilian. Salah satunya terlihat pada sepeda motor Buell yang kemudian “diacak-acak” dan dinamai “Goodwood”.
Seorang pengamat menyebut motor buatan Fred Krugger ibarat paduan bentuk bodi motor “Stream Liner” Ducati
lawas yang notabene beraroma Italia, bentuk mesin “V” ala motor AS, dan
gaya futuristik motor Jepang. Desain yang sangat global!
Yang juga menarik adalah keberadaan corong udara (air intake) yang
dipasangkan di dekat tangki bensin, mirip periskop pada kapal selam.
Begitulah yang terlihat saat motor ini digunakan di padang garam
Bonneville, Utah,
AS, untuk membuat catatan kecepatan. Mengenai fungsinya, agaknya desain
itu memang tidak terlalu mendukung sisi aerodinamika seperti lazimnya
kendaraan yang turun di lintasan padang garam tersebut. Namun, itu
melengkapi bentuk-bentuk menarik pada motor ini. Salah satunya komposisi
dari kesan “bongsor”, “ceper”, dan “panjang”.
Tampilan bisa begitu lantaran penggunaan karburator menggantung
sehingga mesin bisa sedikit naik dan memungkinkan badan motor merebah.
Lalu, peredam kejut depan pendek dipasang, dan suspensi belakang
memiliki sudut nyaris nol derajat atau sejajar dengan mesin.
Kesan
“bongsor” dan “bulat” hadir berkat pemasangan buritan penahan kursi
penumpang, tameng aerodinamis, dan roda-roda dengan ukuran 120/70 velg
19 inci (depan) dan 180/55 velg 18 inci (belakang). Ya, diameter roda
depan lebih besar, tetapi lebih ramping, khas motor chooperAmerika.
Ide brilian lainnya adalah penempatan knalpot ganda yang tersimpan kompak di buritan. Dua knalpot itu dibuat atas-bawah.
Motor garapan modifikator Belgia ini sedianya menggunakan mesin Buell
XBR 985 cc dan nyaris semua bagiannya adalah hasil buatan sendiri dan
khusus dari Krugger, kecuali kerangka, flywheels, piston, slinder, dan transmisi yang semuanya masih bawaan asli.
Dengan lama pengerjaan 90 hari, Goodwood berhasil meraih penghargaan European Championship untuk kategori Freestyle.